Booting Linux dengan USB

Untuk kita – kita yang lagi penasaran dengan OS Linux, artikel ini bisa jadi salah satu solusi untuk mengobati rasa penasaran anda.
Kebanyakan dari kita masih asing dengan OS Linux dan akibatnya kita tidak bisa menggunakan OS Linux ini tanpa harus berlajar terlebih dahulu. Untuk mencoba OS Linux, sangatlah berat bila kita harus menginstal OS tersebut.Tapi jangan khawatir, OS Linux menyertakan Booting CD yang bisa dijalankan secara LIVE. Apabila motherboard sudah support dengan USB Booting, kita juga bisa mencoba beberapa distro Linux dengan USB, sehingga bisa menghemat CD Blank.
Jika kita telah mengistal linux, secara default sudah disediakan program untuk membuat USB booting. Namun masalahnya apabila kita sudah akrab dengan OS Windows, pembuatan USB booting ini memerlukan aplikasi unetbootin-windows-377.
Program portable / Aplikasi ini berukuran 4.1 KB bisa membuat USB booting Linux dalam OS Windows. Adapun program unetbootin-windows-377 bisa di download disini. Dalam prosesnya, Aplikasi ini ada empat tahapan yang harus dilalui.

1. Downloading files
Dalam proses ini kita mementukan jenis distro yang akan kita buat USB Booting. Yang saya ketahui, ada dua cara untuk downloading files ini. Cara pertama, kita menentukan jenis distro yang akan ditanam pada USB dengan cara download file ISO dari website distro yang kita maksud (terhubung internet). Disini kita tinggal memilih opsi yang disediakan. Select Distribution dan select version kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Bila kita mempunyai file ISO Linux, kita bisa pakai cara yang kedua. Cara kedua ini kita tidak perlu terhubung dengan internet, karena kita sudah punya file yang dibutuhkan. Kita tinggal menentukan lokasi penyimpanan file ISO tersebut. Otomatis waktu yang dibutuhkan sangatlah singgat dengan cara yang pertama tadi.




2. Extrating and copying files
Setelah kita menentukan file pada downloading, menetukan tempat USB lalu kita tekan OK. Disini file yang telah di download akan dicopy pada flasdisk. O ya.....sedikit menjadi perhatian!!!usahakan flashdisk yang di masukan pada komputer hanya flashdisk yang akan di Instal. Ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan pada pilihan USB!!!





3. Installing bootloader
Proses Extrating and copying files sudah selesai, secara otomatis akan dilanjutkan pada Isntaling bootloader. Disini USB akan di pasang Bootiloader. Waktu yang dibutuhkan lebih singkat dari Extrating and copying files.
4. Installing complete, reboot
Ok. Proses sudah dilalui, system computer menganjurkan kita agar me-Restart. Proses pembuatan USB Booting sudah selesai.

Yang perlu di ingat pada saat kita mencoba USB Booting ini, jangan sampai lupa kita merubah pada system BIOS motherboard dari fristbooting hardisk menjadi first booting USB. Setelah kita rubah, USB Booting sudah bias di gunakan.

Sekian dari saya, mudah – mudahan bermanfaat. Saya juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Apabila ada yang tidak sesuai dengan pengalaman sahabat semua, mohon memberikan postingnya dan bila memang sesuai saya akan memperbaikinya. Demikian pula buat sahabat yang merasa binggung dengan artikel ini bisa mempostingkan pertanyaan anda melalui posting di bawah ini.

No Response to "Booting Linux dengan USB"

Posting Komentar

powered by Admin | Blogspot by http://watukembang.blogspot.com