SNAP SHOT TANPA SOFTWERE KHUSUS

Dalam sebuah profesi tertentu, kita membutuhkan snapshot/srceenpreview , yaitu menjiplak/memfoto lembar kerja kita agar dalam menjelaskan sesuatu lebih mudah. Misalkan saja seorang guru computer dalam membuat sebuah modul. Dalam modul tersebut dijelaskan tentang langkah-langkah menjalakan sebuah program. Agar lebih mudah dipahami oleh pengguna modul, gambar-gambar secara detail juga perlu dipajang dalam modul tersebut.
Saat ini , memang program-program untuk snapshot memang sudah banyak. Tapi jika anda belum sempat untuk menginstal program tersebut , jangan khawatir!! Pepatah mengatakan “tak ada rotan , akar pun jadi”. Kiat bisa menggunakan tombol pada keyboard “print screen SysRq” dan menggunakan program untuk menggambar bawaan windows “Paint”.



Terus gimana caranya??
1. Siapkan / Buka Lembar kerja yang akan di Snapshot (Misalnya Cool Edit Pro)

2. kalau memang sudah siap, tekan tombol “print screen SysRq” pada key board. Tombol ini berfungsi memfoto/menjiplak lembar kerja kita dengan cara seolah olah kita mengcopy. Hal ini terbukti bila kita menekan tombol ini, maka pada clipboard program Office terdapat gambar yang kita jiplak.

3. Buka program “Paint”. Program ini sudah pasti ada pada windows. Klik start -> All program -> accessories -> Paint

4. Setelah program terbuka, klik pada edit-> paste


5. Kita tinggal simpan saja gambar tersebut File -> save terus beri nama file dan pilih file dalam bentuk JPG, PNG, GIF, TIFF Dan Bitmap.






Mudahkan???? Itu merupakan salah satu cara snapshot jika diperlukan dalam bentuk JPG, PNG, GIF, TIFF Dan Bitmap. Tapi jika kita membuat sebuah modul, ada cara lebih cepat.
Langkahnya sebagai berikut :
1. Siapkan / Buka Lembar kerja yang akan di Snapshot.


2. Buka MS word dan siapkan kursor pada tempat hasil snapshot.
3. Lalu klik kanan -> paste.

4. Jika gambar yang diperlukan hanya sebagian dari screen, kita bisa menggunakan fasilitas crop





5. Setelah itu kita bisa member petunjuk pada area tertentu agar lebih jelas dengan insert -> shapes

Ok. Sekian dulu dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.

No Response to "SNAP SHOT TANPA SOFTWERE KHUSUS"

Posting Komentar

powered by Admin | Blogspot by http://watukembang.blogspot.com